Monday, August 5, 2013

Membuat Kerajinan Dari Koran Bekas


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Prakarya Dengan Kertas Koran, membuat kotak cinderamata sederhana.



Bahan-bahan :
  • koran bekas
  • kertas samson
  • lem putih
  • karton tebal
  • isolasi kertas
  • gunting
  • kuas dg beberapa ukuran
  • pewarna makanan
  • glue gun

Langkah-langkah :

  1. Langkah awalnya adalah bikin kotaknya. Kotak dibuat dari karton tebal, sengaja dibikin tinggi untuk menyesuaikan dengan hiasan yang akan dibuat. Bagian dalam kotak dilapisi kertas samson agar kelihatan rajin, begitu juga bagian bawah kotak. Tutup kotak dibuat lebih besar dari kotaknya, bagian dalam tutup juga dilapisi kertas samson. 





  2. Kemudian buat biji/tali anyaman dari koran dengan berbagai ukuran dan anyaman. Anyaman kepang dibuat dengan menyatukan 3 guntingan koran (ukuran lebar 0.5 cm untuk kepang kecil dan 5 cm untuk anyaman besar), dengan cara mengelem masing-masing ujungnya. Selanjutnya anyam selang-seling/kepang. Anyaman/pilinan tunggal dibuat dengan memilin guntingan koran dengan ukuran lebar 5 cm. Note: Agar guntingan koran tidak mudah putus, gunting dari arah bawah ke atas halaman koran.



  3. Mulai membentuk pernik-pernik untuk hiasannya.
    dengan tema Kupu-kupu, jadi mulai dibikin kupu. Badan kupu dibikin dari remasan koran kemudian di lilitkan pilinan tunggal. Sedangkan untuk membuat antenanya, dengan menggunting pilinan tunggal sepanjang 7 cm, diujung-ujungnya masing-masing digulung dan diberi


  4. Sayap kupu dibikin dengan menggulung anyaman/pilinan kepang yang kecil, sekitar 3 atau 4 kali putaran, beri lem, lanjutkan memutar kepangan tsb dengan melonggarkan bagian bawah sedikit. Lakukan langkah tersebut 3 kali. Sehingga membentuk oval, dan jadilah sayap sederhana. Untuk sayap kupu yang besar, lem ujung 3 sayap kecil berjejer, kemudian satukan dengan pilinan kepang yang di lem dan direkatkan mengelilingi 3 sayap berjejer.


  5. Untuk mempercantik kotak cinderamata, dibuat beberapa ukuran kepingan koran, dengan cara menggulung pilinan kepang yang besar sesuai keinginan. Sedangkan untuk keping kecil, dibuat dari gulungan pilinan tunggal.


  6. Buat mahkotanya, jalin seperti membuat tikar. Potong pilinan kepang yg kecil sekitar 10 cm sebanyak 4 potongan. Letakan berjejer, kemudian mulai dari pilinan teratas, tekuk dan masukan ke pilinan di bawahnya, lakukan tumpang tindih seperti membuat tikar, lakukan hal yang sama pada potongan ke 2 s.d ke 4. Lakukan ulang langkah tersebut pada potongan yang tersisa, sehingga membentuk segitiga. Satukan bagian bawah anyaman dengan menggunakan lem putih.




  7. Setelah semua hiasan selesai, sekarang tinggal menempel pilinan kepang yang besar memenuhi kotak. Tempel sesuai selera menggunakan lem putih boleh, glue gun juga boleh. Coba beri aksen bulatan besar pada badan kotak. Kepingan koran yang besar ditempel di masing-masing sisi kotak, kemudian baru penuhi badan dan tutup kotak dengan pilinan kepang besar.

    Warnai kotak, tutup kotak dan hiasan-hiasannya (kupu, bunga, daun dan kepingan kecil). Tempelkan hiasan pada sisi kotak sesuai selera. Jika ingin menambah aksen lebih, sisakan pilinan tunggal untuk ranting yang seolah melilit kotaknya.

    Note : Untuk membuat aksen gilap pada permukaan gunakan lem putih yang dicampur dengan pewarna makanan. (coba ini untuk pigura dengan biji kacang hijau, hasilnya warna kacang hijau lebih awet daripada warna foto yang dipajang). 










0 komentar "Membuat Kerajinan Dari Koran Bekas", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment