Friday, July 26, 2013

Membuat Kriya Keramik dengan Teknik Lempeng / Slab


بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم




Teknin Slab
Membuat Karya dengan tehnik ini lumayan susah karena harus menggunakan alat penggiling adonan/roll untuk membuat lempengan-lempengannya. Susah kalau tidak ada rol-nya itu. Karena kita harus berinisiatif membuat lempengan dengan cara manual. Dan tantangannya membuat agar ketebalannya sama.

Penggiling Adonan/Roll

Tanah yang siap pakai kita ambil secukupnya kemudian tanah tersebut kita giling dengan penggiling adonan/roll hingga membentuk lempengan yang tipis. Kemudian kita buat beberapa sesuai dengan yang kita butuhkan.

Setelah bentuk telah kita tentukan, kita tinggal tempel lempengan tanah liat dengan menggunakan bubur tanah liat. Namun berbeda dengan tehnik pilin, untuk menempel dengan tehnik slab kita harus menggurat atau menorah-noreh bagian yang ingin kita tempel agar apabila kering, bagian yang tempelan tersebut tidak lepas atau tetap terekat kuat.

Memberikan Guratan


Dan hal sederhana yang harus kita perhatikan adalah ketebalan tanah harus sama agar karya menjadi indah, rapih dan memiliki nilai yang lebih.


Teknik Slab


Setelah karya slab telah terbentuk, kita bisa menambahkan hiasan (dekorasi) agar karya lebih indah dan menarik. Karena dalam karya inipun kita masih berpatok pada karya harus bisa dipakai atau fungsional.



Teknik Slab



Teknik Slab




Beberapa contoh karya keramik dengan teknik slab:

















DP

1 comment: